Google+ Followers

Senin, 09 Maret 2015

Tantangan Dalam Membuka Rumah Makan Bagian 1

     Banyak orang dengan ringannya berkata bahwa bisnis makanan adalah bisnis  berLABA besar. Padahal tantangannya tidaklah mudah. Ini adalah pengalaman saya dalam mengelola usaha makanan berbasis ayam.

Bahan Mentah.
      Dalam memasak tentu bahan mentah seperti ayam beserta jeroan seperti hati,ampela,usus serta aneka macam bumbu seperti cabai,merica,lada,minyak goreng,daun kemangi,kecap,ketimun,jeruk nipis.  Barang-barang diatas adalah barang wajib ada untuk berdagang. Pernah membayangkan ketika harga cabai meroket? Menjadi 100.000 rupiah/kg. Atau suply ayam mendadak langka? Barang semacam ini pun sangat riskan,terlalu lama disimpan bahan menjadi rusak,walaupun di freezer. Bahan pangan sangat rentan,apalagi jika terlalu lama disimpan baik di lemari es,ataupun dibiarkan begitu saja.

Cara Penanggulangan.
     Membuat stok opname. Buat data statistik akan banyaknya penggunaan bahan,dan perkiraan waktu habis. Tidak bisa 100% tepat,tapi amat membantu dalam menakar perputaran barang. Untuk rumah makan sederhana tentu hal tersebut tidaklah terlalu sukar. Jika anda tidak mengerti cara membuat stok opname,mintalah bantuan kepada teman anda yang bekerja  pada perusahaan keuangan atau bekerja pada bidang administrasi untuk mengajari anda.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar