Minggu, 15 Maret 2015

Tantangan Ketiga Membuka Rumah Makan...Serangan Binatang

     Jika anda berurusan dengan makanan tentu binatang tidak akan tinggal diam bukan? Saya beri contoh seperti lalat,semut,tikus,kucing akan anda sering jumpai.
  1. Lalat. Setiap restoran ataupun depot,kehadiran lalat tentu akan sering kita temui,apalagi pada musim hujan,lalat berkembang biak dengan masif. Cara penanggulangan sebenarnya sederhana, seperti menggunakan lilin. Cara menggunakan lilin ini kurang efektif,karena lalat tetap bergentayangan. Bisa juga menggunakan lem lalat. Penempatannya harus di tempat yang strategis. Yang merepotkan tentu saja memakan ruang,dan tidak sedap untuk dipandang menyaksikan puluhan lalat terperangkap di dalam lem kertas. Cara terakhir yang menurut saya paling efektif adalah menggunakan jasa pest control. Walaupun harga sedikit mahal,tetapi dijamin lalat tidak ada. Ada harga ada kualitas bukan?
  2. Semut. Saya sendiri tidak terlalu risau dengan semut,karena menggunakan kapur anti semut. Solusi murah meriah yang tandingannya belum saya temukan.
  3. Tikus. Siapa yang tidak tahu binatang pengerat satu ini. Pemberantasannya? Jika menggunakan racun tikus anda akan kewalahan mencari bangkainya apabila si tikus mati. Sama juga dengan lem tikus atau perangkap tikus. Sanggupkah anda untuk menghabisinya? Saya mengambil langkah terakhir yaitu pest control.
  4. Kucing. Ini yang lebih seru ketika berhadapan dengan kucing liar,beberapa kucing ketika saya siram air mereka akan lari. Tetapi beberapa kucing tampaknya bandel dengan air atau mungkin sering disiram air,jadi alternatif terakhir adalah membuang kucing ke tempat yang agak jauh agar tidak kembali.
     Itulah beberapa pengalaman saya menghadapi aneka macam binatang di pekerjaan saya. Hal seperti di atas sepertinya sepele,tetapi jika tidak diperhatikan dampaknya akan sangat besar,karena menyangkut kenyamanan para pengunjung. Apalagi jika bertemu dengan orang yang higienis,bisa-bisa tamu tersebut tidak akan memakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar