Google+ Followers

Sabtu, 21 Maret 2015

Tantangan keenam Membuka Rumah Makan. Sumber Daya Manusia

     Hal paling krusial dalam membuka rumah makan adalah SDM. Kejujuran adalah hal terpenting dalam aspek SDM. Terutama kasir karena ia adalah pihak yang memegang keuangan. Tahukah anda setiap kebobolan yang terjadi kebanyakan pelakunya adalah kasir. Ia tahu bagaimana kelemahan setiap sistem yang terjadi. Setiap sistem pasti ada kelemahannya. Solusinya hanyalah anda meminimalisir pencurian. Tidak bisa 100%,karena bagaimanapun juga pencuri selalu lebih pintar daripada polisi. Jika anda ingin aman 100% silahkan anda menjaga rumah makan itu sendiri.
    Setiap dari kita menginginkan rumah makan tersebut berjalan sendiri tanpa perlu kita menjaganya. Kita menginginkan pasif income, biarkan sistem yang berjalan. Tentu menyenangkan bukan? Pada kenyataannya tidak semudah itu. Apalagi anda yang baru memulai usaha rumah makan,anda terkadang bisa dibodohi oleh karyawan sendiri.
     Dunia bajak membajak pun sering terjadi bukan? Apalagi jika menyangkut gaji,selisih 100 ribu bisa berpengaruh besar. Walau tidak semua bisa saya generalisir. Toh karyawan saya sendiri awet selama hampir 3 tahun.
     Pembajakan tukang masak paling berpengaruh. Apalagi untuk chinese food. Setiap tangan memiliki kekhasan tersendiri. Walaupun resep sama,pengolahan bisa berbeda. tidak bisa dipungkiri hal tersebut berpengaruh besar. Jika tidak ingin dibajak,buatlah resep sederhana yang semua orang bisa buat. Tapi ada bahan tertentu yang menjadi penentu akhir dalam sebuah rasa. Semisal cabai yang tidak ada orang bisa menirunya,atau resep rahasia yang anda simpan sendiri.
     Mengendalikan SDM itu susah-susah gampang. Buatlah mereka patuh pada peraturan pada awal kerja,jangan sampai terjadi penegakan peraturan di tengah-tengah kerja. Kebanyakan mereka sukar beradaptasi. Buatlah aturan sejelas mungkin dan mudah dipahami. Ucapkanlah dari mulut anda sendiri. Jangan melalui anak buah anda,karena bisa terjadi salah paham.
     Tahukah anda,semakin lama pengabdian seorang karyawan bekerja,maka senioritas akan terjadi? Dan kebiasaan buruk pun terjadi. Senior semakin sukar diatur. Merasa sudah pintar,merasa dibutuhkan. Yang anda harus bisa lakukan adalah mengendalikan ego dari karyawan tersebut. Jangan bergantung pada satu orang kepercayaan,ingatlah dua orang lebih baik daripada satu. Selalu siapkan cadangan,untuk mengingatkan mereka bahwa mereka dapat TERGANTIKAN.
     Berilah kepercayaan mereka untuk berpikir dan memiliki rasa memiliki,jangan hanya mengomel ketika sedang sepi,sedangkan ketika ramai anda hanya diam saja seperti tidak terjadi apapun, berikanlah mereka bonus atau hadiah dalam keadaan tertentu,jangan terlalu kaku dan pakem terhadap aturan. Yang paling mudah tentu memberikan dalam bentuk uang.
     Membahas mengenai SDM tidak akan ada habisnya,ingatlah karyawan anda rekan kerja anda. Ajaklah mereka berbincang-bincang layaknya seorang teman,tapi tetap ingatkan mereka bahwa anda adalah atasan mereka. Tidak mudah,tetapi jika itu terjadi maka suasana kondusif dalam pekerjaan akan terjadi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar