Sabtu, 12 April 2014

Diskriminasi Lahan Parkir Sepeda Motor

     Baru saja berkunjung ke rumah sakit di wilayah Surabaya barat dengan menggunakan sepeda motor. Terkejutlah saya dengan lahan parkirnya. Benar-benar sempit,jika diibaratkan parkirnya hanya cukup untuk menampung 100 motor. Untuk parkir mobilnya benar-benar luas. Bisa menampung puluhan mobil.
     Saya menjadi bertanya tanya. Adakah diskriminasi mengenai parkir? Parkir sepeda motor hanya 1 pintu untuk jalur keluar masuknya. Gedung rumah sakit tersebut hingga 6 lantai. Jika semua karyawan menggunakan sepeda motor,apa tidak penuh lahan parkirnya? Untuk memarkir sepeda motor saja saya kewalahan,untuk akses masuk tidak mudah,karena bentuknya tidak kotak,tetapi meliuk-liuk serasa dibuat hanya untuk formalitas.
     Kemudian saya mengamati bahwa parkir sepeda motor dimanapun seperti itu,lokasi berada dipojokan,serasa pemandangan yang tidak sedap dipandang. Sepeda motor adalah sebuah kenistaan. Parkir motor bahkan sering ada di luar gedung,karena ketersediaan lahan yang minim. Parkir liar pun betebaran. Saya terkadang parkir di luar gedung.
     Mungkin pemikiran yang memiliki lahan"yang naik sepeda motor dilarang masuk,hanya yang bermobil yang diperbolehkan,menunjukkan bahwa sepeda motor adalah orang yang tidak ada uang. RS tersebut terkenal akan harganya yang diatas rata-rata. Saya pun datang hanya sebagai pengunjung.
      Jika begitu hendak menyalahkan siapa? Pada ujungnya mereka yang memiliki uang yang akan masuk ke RS tersebut dan dapat dipastikan mereka menggunakan mobil. Siapa juga yang hendak menggunakan motor,kecuali saya.
     Jika berhitung 3 motor=1 mobil,keuntungan uang parkir pasti menguntungkan motor,tapi yang dilihat bukan itu,yang diperhatikan adalah daya konsumsinya. Yang menjadi masalah pemikiran mereka,yang berobat pasti orang berduit,orang tidak punya mana bisa masuk kesana.sama juga dengan bunuh diri,walaupun itu belum tentu seperti itu. Ini hanyalah kesan yang saya peroleh ketika mengamati parkiran sepeda motor baik di RS maupun di mall,dan tempat umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar