Selasa, 05 November 2013

Uang vs Peluang

         Ketika saya menulis status "uang vs peluang" di BB, teman saya berkomentar yang kalah peluang,yang menang uang.

"orang miskin cari uang,orang kaya cari peluang"quotes dari Bong Chandra

        Banyak orang tersinggung akan tulisan ini. Kenyataannya dari peluang bisa memperoleh uang. Orang yang mencari uang hanya hidup untuk mencukupi kebutuhannya. Jaman sekarang peluang itu lebih berharga daripada permata.
"Pada kenyataannya uang bisa membeli peluang."jawabnya
 "Salah besar" kataku.
Peluang itu ada di sekeliling kita. Banyak orang kaya yang bingung mencari peluang. Setiap dari kita memiliki peluang yang sama.Masalahnya  berani atau tidak untuk menjajakinya.
       Contoh peluang,saya terkadang pulang larut malam karena urusan pekerjaan,sulit sekali saya menemukan makanan yang dijual tengah malam selain di restoran cepat saji McD. Bukankah itu sebuah peluang? Berbisnis makanan di tengah malam hingga subuh,ketika rumah makan yang lain tutup. Dijamin pasti ada pembelinya karena yang berdagang makanan sedikit.Contoh kongkrit ada satu rumah makan buka hingga pukul 2 pagi di surabaya bernama Yung Ho. Mau tidak mau saya mampir ke situ daripada mati kelaparan.
     Untuk warga Bandung siapa tidak kenal dengan Ceu Mar? Buka dari jam 8 malam hingga pukul 5 pagi. Antriannya? Jangan ditanya.
     Peluang itu bisa muncul kapan saja.Ketika ada demo buruh,kenapa tidak jualan minuman kemasan,sudah pasti laris,walaupun ada resiko,tapi semua kan beresiko.Peluang juga kan? Buktinya masih saja banyak pedagang asongan datang di kerumunan itu,yang berpotensi menjadi pembeli.
     Saya sangat membenci manusia yang mempunyai BLAME,EXCUSE,JUSTIFY. Menyalahkan orang lain,membuat alasan,dan melakukan pembenaran diri.Tidak ada orang sukses yang berkata bahwa kesuksesannya adalah keberuntungan atau nasib. Hanya orang gagal yang bilang itu nasib. Orang lain bisa kenapa anda tidak?
       Para pecundang akan bilang kan saya tidak punya uang.Uang itu alasan paling klasik dan membosankan bagi saya ketika mendengarnya. Uang bisa didapat dari mana saja. Mau jurus gesek kartu kredit,pinjam uang ke seseorang,atau cari investor,semua itu sah.
     Jika Tuhan memberi kepada anda 1 Milyar apa yang anda lakukan? Saya yakin dan percaya 90% dari orang yang membaca tulisan ini akan menjawab tidak tahu,simpan saja dulu,nanti kalau sudah ada ide baru dipikirkan. Jadi pada intinya anda belum siap. Walaupun uangnya ada,tetap saja tidak berguna.Paling-paling makan uang deposito seumur hidup.
     Ini kisah saya sendiri Saya bisa mendapatkan pinjaman uang puluhan juta tanpa jaminan,tanpa harus tanda tangan,hanya modal ucapan dan berkata ada peluang ini dan itu maka uang pun cair dengan mudah. Bagi beberapa orang mungkin berkata saya hanya membual,silahkan tanya ke beberapa teman saya yang menjadi investor saya dalam berbisnis.Kepercayaan itu lebih mahal harganya daripada uang. Uang hanyalah sebuah aset.
      Jika tidak punya keterampilan,ya belajar,jangan terlalu banyak alasan.Jangan kecil hati,orang sukses juga dimulai dari bawah, Tung Desem Waringin,Bong Chandra,Merry Riana, semua memiliki kisah suksesnya, jangan menyalahkan keadaan. Keadaan itu ada untuk dirubah,jangan pernah berharap keadaan berubah dengan sendirinya. Jika anda masih berharap demikian silahkan hidup di alam mimpi.
      Jika anda tidak punya uang,jual ide,jika tidak punya ide,kerahkan tenaga. Jika tidak punya ketiga-tiganya saran saya cepat-cepat anda masuk kubur daripada hidup menyusahkan orang banyak,dan menjadi sampah masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar