Minggu, 10 November 2013

Regret / Penyesalan

     Setiap orang pasti pernah menyesali suatu hal dalam hidup: mereka mungkin melakukan sesuatu yang seharusnya tidak boleh dilakukan, atau justru tidak melakukan apa yang mesti dilakukan. Sebagian orang bahkan memiliki penyesalan yang dibawa seumur hidup, dan semakin terasa ketika sedang menghadapi kematian. Bronnie Ware adalah seorang perawat yang berasal dari Australia. Ia  bekerja beberapa tahun dalam perawatan paliatif, yaitu proses perawatan pasien yang sedang menantikan 12 minggu terakhir dalam hidup mereka. Ia merekam pengalaman mereka menghadapi maut dalam sebuah blog bernama  Inspiration and Chai, yang kemudian dikumpulkan dalam sebuah buku, The Top Five Regrets of the Dying.
     Ware berkata tentang pengalaman mereka yang sedang sekarat. “Ketika ditanya tentang penyesalan mereka atau hal berbeda apa yang akan mereka lakukan,” katanya, “tema umum muncul lagi dan lagi.”
Berikut adalah lima penyesalan saat menanti ajal, seperti yang disaksikan oleh Ware:

If only I had the courage to live a real life, and not to live like other people expect of me / Kalau saja saya memiliki keberanian untuk menjalani hidup yang sejati, dan bukan hidup seperti yang orang lain harapkan dari saya/
Ini adalah penyesalan paling umum. Ketika orang menyadari bahwa hidup mereka hampir berakhir, dan melihat hidup mereka dengan jelas, mudah untuk melihat sudah berapa banyak mimpi yang telah terpenuhi.. Banyak orang tidak mencoba bahkan setengah dari mimpi mereka, dan kemudian harus mati dan menyadari bahwa mereka telah membuat pilihan, atau tidak membuatnya. Sangat sedikit orang menyadari bahwa kesehatan membawa kebebasan untuk menggapai mimpi.

Iwish did'nt work so hard / Saya berharap saya tidak bekerja terlalu keras.
Ini datang dari setiap pasien laki-laki yang saya dirawat Mereka merindukan pemuda anak-anak mereka dan persahabatan pasangannya.. Perempuan juga berbicara tentang penyesalan ini, tetapi karena kebanyakan berasal dari generasi tua, banyak pasien wanita belum pencari nafkah. Semua laki-laki saya dirawat sangat menyesalkan menghabiskan begitu banyak kehidupan mereka di treadmill dari keberadaan kerja.

i wish i had a courage to express my feeling / Kalau saja saya memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaan saya.
Banyak orang menekan perasaan mereka untuk menghindari konflik dengan orang lain. Akibatnya, mereka menjadi biasa-biasa saja dan tidak pernah menjadi siapa mereka yang sebenarnya. Banyak penyakit yang muncul yang berkaitan dengan kepahitan dan kebencian yang mereka simpan selama ini.

i wish i stayed in touch with my friends / Saya berharap memiliki  hubungan yang lebih baik dengan teman saya.
Sering kali mereka tidak akan benar-benar menyadari manfaat penuh dari teman-teman lama, sampai minggu menjelang kematian. Dan tidak selalu ada cara  untuk melacak mereka. Banyak yang begitu terjebak dalam kehidupan mereka sendiri, dan membiarkan persahabatan emas berlalu begitu saja selama bertahun-tahun. Ada penyesalan yang mendalam  ketika  tidak memberikan waktu dan usaha yang  pantas bagi persahabatan. Setiap orang merindukan teman-teman mereka ketika mereka sekarat.

i wish i let myself be happier / Saya berharap bahwa saya telah mengijinkan diriku lebih bahagia.
Ini adalah satu kondisi umum yang mengagetkan. Banyak orang tidak menyadari sampai akhir bahwa kebahagiaan adalah sebuah pilihan.. Mereka hidup terjebak dalam pola dan kebiasaan lama. Takut perubahan telah membuat mereka berpura-pura menjadi orang lain, dan menipu diri mereka sendiri bahwa mereka sudah puas, padahal jauh di dalam, mereka sangat ingin tertawa dengan benar dan hidup dalam kekonyolan apa adanya…

Apa yang menjadi penyesalan anda hari-hari ini? Dan apa yang sedang anda lakukan untuk memperbaikinya?
Just one word: don't do it again.

Sumber : http://hikmatpembaharuan.wordpress.com/2012/07/14/5-penyesalan-terdalam-sebelum-maut-menjemput/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar