Kamis, 31 Oktober 2013

Alasan Membuat Blog.

      Saya memulai bloging dari tahun 2011. Pada saat masa kekelaman,frustasi,tidak tahu harus melakukan apa,bercerita kepada siapa,kemanakah saya harus melangkah,karena kesalahan yang saya buat sendiri. Kehilangan uang cukup besar di forex.Akhirnya mencoba menulis di blog.
      Walaupun bloging hanyalah tempat pelampiasan sesaat setelah itu vakum lama. 2 tahun kemudian saya mencoba menulis lagi di blog. Dengan alasan yang berbeda. Kali ini saya butuh suatu wadah untuk menyalurkan apa yang ada di benak.
     Pertanyaan-pertanyaan yang kadang sentimentil,kadang absurd,tapi menambah wawasan walaupun terkadang tanpa jawaban yang memuaskan. Kalau memakai bahasa sekarang itu KEPO (Knowing Every Partical Object). Yang bagi saya itu menarik. Memahami karakter seseorang melalui pertanyaan yang saya ajukan,membuat penilaian berdasar apa yang saya rasakan. KEPO itu bagi saya positif. Basic wartawan pun dasarnya mungkin KEPO. Mungkin orang yang tidak mau di KEPO in itu punya banyak masalah. Manusia dasarnya itu senang dipuji,di ekspos prestasinya tapi tidak mau keburukannya nampak dari luar.
    Jika seseorang bertanya kepada saya bagaimana kabar si A,si B,si C,dan lain-lain,saya mampu menjawab detail dan objektif. Jika sedang bermasalah saya katakan bermasalah dan apa permasalahannya,jika sukses ya saya jelaskan ia sukses dan mengapa ia sukses. Mungkin orang bisa bilang saya ini kurang kerjaan. Jadi hati-hatilah berteman dengan saya.
    Tapi itulah kesenangan saya mengamati object yang disebut manusia. 1000 manusia 1000 pemikiran. Apa yang akan saya tulis di blog rata-rata akan berdasar dari pengamatan terhadap lingkungan saya,baik keluarga,teman,saudara,pemerintahan,dan lainnya. Saya mencoba untuk selalu kritis dengan selalu bertanya. Bukankah orang yang bertambah pengetahuannya itu selalu bertanya? dan apabila seseorang menganggap dirinya tidak tahu apa-apa itu lebih mudah untuk belajarnya daripada orang yang merasa mengetahui segala sesuatunya.
     Banyak orang bertanya "Menghasilkan uang tidak?"
 Bagi kebanyakan orang semua indikatornya adalah uang. Kalau menghasilkan mau,kalau tidak ngapain juga? lebih baik tidur,atau mengerjakan yang lain.
Maka saya jawab "Belum.Tapi kedepannya mudah-mudahan menghasilkan."
 Walaupun tidak menghasilkan uang,minimal saya menghasilkan tulisan buah pemikiran saya sendiri,membuat tulisan yang enak dibaca dan terakhir melatih komitmen saya untuk menulis setiap hari. Karena saya sendiri orang yang cepat bosan. Tapi bersyukur sudah 1 bulan ini minimal 1 tulisan saya hasilkan per harinya.
    Blog mungkin sudah kehilangan peminatnya,tergantikan dengan twiter yang lebih masive,FB beserta segala aktifitasnya,instagram dengan moto satu gambar menjelaskan banyak hal. Tapi bagiku blog merupakan tempat personal untuk berbagi,wadah yang membutuhkan komitmen untuk bercerita dan bertutur. Semacam cerpen bersambung,hingga sang penulis merasa sudah saatnya ini untuk diakhiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar