Selasa, 31 Desember 2013

Menulis

     Apa hebatnya sih bisa menulis? Bagi beberapa teman saya menulis itu pekerjaan membosankan,tidak berguna,dan yang terutama tidak bisa menghasilkan uang 'banyak'. Ada yang bisa memberikan contoh penulis yang kaya raya? Walaupun kaya pun relatif.
     Saya tidak mau berargumen dengan seseorang mengenai uang. Karena sekarang orientasi selalu menuju ke uang. Tidak menjurus ke passion atau gairah hidup. Teman saya pun saya katakan berkecukupan tetapi mereka boleh dibilang kerja karena terpaksa,tidak mencintai apa yang mereka kerjakan. Hanya memburu uang,tidak ada yang lain. Melihat si A gaji besar,sirik. Lihat si B jabatan naik dengki,yang paling lucu kalau hari senin berkata I hate Monday. Sedangkan jika hari jumat Thanks God it's Friday.Dimanah kesenangan dalam bekerja?
     Mereka yang berburu uang tidak pernah puas,selalu penuh dengan keluhan,derita nestapa,ratapan yang menindikasikan rasa tersiksa. Datang kantor jam 8 pagi pulang jam 5 sore,senin hingga jumat bahkan mungkin sabtu pun harus masuk. Lembur mengerutu,begitu ada tanggal merah semangat langsung membuncah,sedangkan jelang masuk kerja malah lemas,tak bergairah.
     Saya sekarang mengeser orientasi bekerja untuk memenuhi gairah hidup saya. Membaca itu nafas saya,menulis itu baru-baru saja saya dapatkan untuk mewadahi apa yang saya pikirkan dan dapatkan dari membaca. Saya ingin menjadi penulis yang ketika dipertanyakan berapa lama jam bekerja anda? Maka dengan keyakinan tinggi saya berkata saya tidak pernah bekerja,saya hanya menulis apa yang saya lihat dan rasakan lalu saya menuangkannya di tulisan.Saya tidak pernah 'bekerja'
     Menulis itu tempat saya untuk mengeluarkan unek-unek yang ada di benak. Setiap hari saya selalu mendapatkan hal baru,melalui pengamatan,permasalahan yang terjadi di kehidupan saya,kelucuan di tempat kerja,kondisi jalan raya,dan berbagai macam hal lain jika saya tuangkan di dalam tulisan satu hari penuh belum tentu selesai. Dari situ saya belajar menulis dengan runut,mencoba melatih kosakata,menambah perbendaharaan kata. Sehingga tidak monoton. Itu adalah kepuasan pribadi yang tidak bisa dapatkan. Di masa sekarang ini,orang semakin apatis,tidak perduli dengan sekitar,hanya mementingkan diri sendiri walaupun tidak semua orang seperti itu.
     Menulis adalah ajang melatih kreatifitas. Bagaimana agar tulisan tidak membosankan,menarik minat pembaca,yang suatu saat tulisan ini akan berguna bagi orang lain. Menulis adalah ajang berbagi,berbagi pemikiran,pandangan,maupun wawasan. Blog ini tidak hebat-hebat amat. Masih memerlukan masukan dan kritik yang banyak Tapi suatu saat nanti impian saya blog ini berguna bagi orang banyak,saya percaya menulis akan menghasilkan sesuatu,baik itu materi,ataupun kepuasan batin. Soal kaya itu bisa menyusul.
     Pertanyaan terakhir sebelum tidur. Jika anda kaya apa yang anda lakukan? Makan,tidur,belanja,dan tidak bekerja? Jika anda menjawab kalau kaya nanti dipikir lagi,arah dan tujuan hidup anda saya katakan masih hampa.Jika tidak kaya mengerutukah anda setiap hari,berharap ada hujan uang?

Note: Tulisan ini saya buat tengah malam,jika saya tidak memilih gairah akan menulis mungkin saya memilih untuk tidur,menonton televisi. Apa passion anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar