Selasa, 24 Desember 2013

Pergeseran Interaksi

     Saya mengamati bahwa berinteraksi zaman sekarang lebih banyak di depan computer, laptop, ataupun menggunakan peralatan elektronik yang lain. Tanpa bertatap muka,tak bisa menatap ekspresi. Bahkan ketika acara keluarga pun banyak yang sibuk dengan gadget masing-masing.
     Kini emoticon-emoticon yang mewakili perasaan bermunculan. Walau saya yakin 99% bahwa emoticon yang keluar semisal tertawa,yang mengetik belum tentu tertawa. Wajah pengirimnya datar-datar saja.
     Tulisan menurut saya tidak mewakili makna berinteraksi secara sepenuhnya.Tanpa ekspresi raut muka,gelak tawa,maupun tetes air mata.Saya merindukan hal tersebut. Tetapi zaman telah berubah. Apa mau dikata,hanya bisa memakluminya.
      Dasar manusia itu makhluk sosial,senang berkelompok. Kini berkelompok pun telah diakomodasi oleh aneka media elektronik. Mulai dari BB,FB,twitter dan aneka macam komunitas lainnya. Jadi kurang apa? Kembali lagi kadar tatap muka jarang sekali. Sekarang berkelompok pun lebih banyak pilihan.
     Masihkah anda berinteraksi dengan sesama pada saat-saat ini? Ataukah anda telah sibuk tenggelam dalam dalam kesibukan anda sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar