Minggu, 23 Februari 2014

CCTV (Closed Circuit Television)

 Monitor CCTV di kantor

     Ingin merasakan menjadi Tuhan? Cobalah anda memasang CCTV di kantor atau rumah anda. Dengan moto,mata Tuhan ada dimana-mana. Mungkin itu alasan seseorang menciptakan CCTV pertama kali.
     Mengapa juga diperlukan CCTV? Menurut saya,CCTV dibuat untuk mengawasi kinerja serta kejujuran karyawan,serta merekam kejadian-kejadian yang terjadi. Lucu juga ketika seseorang bekerja diawasi CCTV maka mereka berlaku lebih "rajin" daripada biasanya. Apakah nilai kepercayaan saja tidaklah cukup? Di jaman sekarang hal itu tidaklah cukup. Mereka tidak memiliki etos kerja yang cukup.(catatan : jangan digeneralisir karena CUKUP pun standarnya berbeda-beda ).
     Entah kenapa dari dahulu hingga sekarang apabila ada atasan,kerja mereka selalu tampak rajin,ketika ditinggal atasan,sifat aslinya muncul. Mulai dari malas-malasan,ogah-ogahan,tanpa motivasi.(salah satu akibat dari bekerja hanya bermotivasikan uang,acuannya gaji tinggi,pertanyaannya sampai setinggi apakah mereka baru puas dan bekerja maksimal? Bukankah seharusnya bekerja maksimal maka gaji bisa menjadi tinggi?)
     Pegawai yang memiliki komitmen akhirnya hanya bisa berkeluh kesah,karena bagaimanapun juga apabila ada satu orang yang bermalas-malasan maka ada yang harus bekerja ekstra untuk menutupi kinerja yang malas tersebut,atau terseret virus yang bernama malas tersebut. Maka CCTV pun menjadi bukti tak terbantahkan mengenai kinerja masing-masing karyawan.
     Fungsi lain dari CCTV adalah merekam kejadian yang terjadi. Ketika karyawan di bagian Customer Service kebingungan mencari kalkutor di meja tempat ia bekerja. Kemanakah raibnya? Maka CCTV pun diamati untuk mencarinya. Ternyata kalkulator tersebut dibawa pembeli dengan tidak sengaja.
     Saya hanya merasa kasihan kepada mereka yang digaji hanya untuk memonitor CCTV. .Sudah sering saya jumpai wajah kusut para karyawan supermarket yang bertugas mengawasi karena  . memandang sebegitu banyaknya layar yang dipampang setiap hari. Ataupun polisi yang bertugas di RTMC (Regional Traffic Management Center) menyaksikan arus lalu lintas sepanjang hari.Saya yang hanya memiliki 8 kamera saja merasa sangat letih untuk memandanginya
     Menurut pandangan saya,CCTV diciptakan manusia karena sekarang manusia lebih takut pada sesuatu yang nampak daripada yang kasat mata,contohnya Tuhan. Setuju ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar