Rabu, 26 Februari 2014

Tips Membuka Usaha Bersama Teman atau Saudara

Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi.
  • Pastikan memiliki visi yang sama. Seringkali melihat usaha yang bubar atau pertikaian karena tidak memiliki visi yang sama. Visi adalah harapan untuk ke depan,jangan hanya memandang masa yang sekarang. Contoh mudah. A ingin membuat perusahaan berbasis sosial,B ingin perusahaan berbasis profit. Tidak ada perusahaan sosial yang memiliki profit besar,karena uang yang diperoleh diolah lagi untuk didonasikan. Jangan sampai anda berpikir untuk membuat tempat ibadah karena berpikir dapat menghasilkan uang banyak. Jika terbesit pemikiran seperti itu bertobatlah anda.
  • Pikirkan jalan keluar yang damai apabila terjadi pertikaian,terkadang ketika berbisnis berdasarkan kekeluargaan,tidak memikirkan bagaimana jalan keluarnya. Karena bisnis seperti itu boleh dikatakan tidak akan selamanya. Walau bisnis keluarga yang sukses pun banyak.
  • Jika bisa,membuka usaha bersama harap kedua pihak bekerja,jangan sampai hanya satu pihak yang bekerja. Jika kedua belah pihak tidak mau bekerja, pekerjakan seseorang untuk menjadi penanggung jawab akan usaha tersebut. Maka sengketa di kemudian hari bisa tereduksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar