Sabtu, 22 Februari 2014

Postingan ke 223

     Setelah dipraktekkan,komitmen menulis setiap hari cukup melelahkan,terkadang hingga larut malam baru akan menulis. Salah satu faktornya karena keasyikan menonton TV,terkadang pulang kerja terasa sangat capai,inginnya hanya tidur. Untuk menyalakan komputer pun tak sanggup,tapi tetap menulis walau terkesan memaksa. Jika dihitung sudah ada 223 postingan. Walau pada awal-awal penulisan saya mencomot dari sana dan sini.
     Dilema yang saya alami sebenarnya bagaimana menemukan ide penulisan setiap hari ketika berada di depan komputer.Ketika berada di kantor,ide rasanya bersliweran menunggu untuk dituangkan, terkadang ketika berada di jalan raya,mengemudi sembari memandang sekeliling ide pun muncul,tetapi yang namanya pemikiran itu harus segera ditangkap,jika tidak ide itu akan menguap tak berbekas.
     Ketika berada di jalan saya menemukan solusi. Kenapa tidak memakai voice recorder dari telepon genggam? Itu salah satu opsi. Solusi lainnya saya mencoba mencatat di sebuah kertas untuk ide-ide penulisan ketika berada di kantor.
     Mengembangkan sebuah ide dijadikan sebuah penulisan pun tak mudah. Tapi seiring berjalannya waktu,saya bisa belajar dan mengembangkan kerangka berpikir terus menerus.
     Sempat terbesit pula untuk mengcopy paste tulisan dari blog maupun website orang lain untuk saya tampilkan disini. Tapi nantinya bisa terkena dampak bagi saya sendiri. Lama-lama malas membuat tulisan sendiri,karena lebih mudah mencomot tulisan orang lain. Dan yang membaca pun malas,karena sudah pernah membaca tulisan ini ditempat lain.
     Akhirnya menambah satu komitmen lagi,mencoba sebisa mungkin membuat tulisan original,tidak ada ditempat lain.Kalimat dari para penulis yang pernah saya baca "Buatlah tulisan itu sesuai dengan kata hatimu,bila senang maka coba tuangkan rasa senang itu agar tersalurkan melalui tulisan pun sebaliknya jika sedih maka coba tuangkan rasa sedih itu melalui tulisan,walau proses itu tidak mudah."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar