Rabu, 26 Maret 2014

Peluang Bisnis Bagus. Ada atau Tidak sih?

     Jika anda bergaul dengan para pengusaha,maka akan selalu ada percakapan seperti ini.
"Ada bisnis apa nih?"
"Belum ada pandangan nih.Kalau kamu?"
"Belum juga,bingung mau bisnis apaan."
"Sama dong."

     Percakapan diatas adalah percakapan standar menjurus membosankan. Padahal banyak peluang yang tersedia. Contoh sederhana,membuka makanan pada malam hari hingga subuh. Sepi pesaing pangsa pasarnya besar. Ingin lihat contoh kongkritnya? McD,selalu tampak ramai tak perduli waktu sudah larut malam.
     Suatu saat ada teman bertanya kepada saya,bisnis apa ya enaknya? Ketika saya menyebutkan segala macam jawaban,pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana keuntungannya? Ini yang susah dijelaskan mengenai keuntungan,semua ingin langsung menghasilkan,tanpa melalui proses,ingin langsung untung,tanpa proses rugi,dan kalau bisa untungnya langsung besar.
     Ketiga,nanti ujungnya tetap tidak dilaksanakan,melakukan kegiatan seperti biasanya,dan basa-basi pertanyaan diatas akan terulang kembali. Bisnis itu bukan hanya mencari uang yang besar,mengingat jaman saya SMA dahulu,booming MLM,kemudian asuransi,sekarang Properti,seakan mengikuti arus yang ada,hanya mengejar uang semata,ketika sudah tidak menghasilkan maka sudah tinggalkan saja. Daya juangnya tidak ada.
     Peluang itu selalu ada,asal kita mau peka terhadap lingkungan,percakapan terhadap orang-orang,seperti rumah makan pada malam hingga dini hari,karena saya selalu mengalami kesukaran ketika mencari makan pada tengah malam. Yang ada ya McD itu saja. Ada pula reseller matras yoga,di Indonesia hanya ada beberapa penjualnya,tetapi peminatnya banyak sekali,itu saya saksikan sendiri.
     Dan tahukah anda bahwa banyak peminat akan investasi dengan keuntungan yang menggiurkan maka menjamurlah usaha money game? Perusahaan tersebut menjawab kebutuhan akan keuntungan yang besar. Walau resiko hilangnya pun besar,tanpa mengerti jalur pendistribusian uang dan sistem,tidak ada orang yang menjamin.

     Mengutip perkataan Bob Sadino. "Dikasih peluang usaha,jawabnya tidak punya uang,sudah punya uang,bingung mau bisnis apa,sudah ada bisnisnya bingung marketingnya,kalau seperti itu mati aja deh."
      Apa bisnis yang Bagus? Bisnis yang bagus adalah bisnis yang DIBUKA,bukan dipertanyakan terus !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar