Rabu, 19 Maret 2014

Pilih Ayam Kampung atau Broiler?


Ayam Goreng Kampung
Ayam Fast Food










    
     Pernah membandingkan ayam kampung goreng(AKG) dengan ayam cepat saji (fastfood)?
  • Kesehatan : Ayam kampung,tumbuh kembang normal 3 hingga 4 bulan baru bisa dimasak menjadi dewasa sempurna. Ayam broiler? Dari telur hingga menetas hanya membutuhkan 3 hingga 4 hari untuk menjadi besar dan siap dipotong. Mengunakan suntik hormon.
  • Tampilan :Bisa anda bandingkan sendiri dari kedua foto di atas.
  • Penyedap yang menemani : Ayam goreng biasa bermodal sambal ulek,jeruk nipis ,timun dan kecap sebagai padu padannya.Ayam cepat saji bermodalkan saus tomat/sambal dalam kemasan.
  • Konsumen : Konsumen ayam goreng kampung berusia 35 tahun keatas,bandingkan dengan fastfood,kebanyakan anak-anak hingga dewasa muda (kisaran 30 tahun) mengkonsumsinya. Orang tua terkadang menemani sang anak untuk makan-makanan tersebut,atau mengadakan acara ulang tahun di restoran fastfood. Pernah melihat anak-anak merayakan ulang tahun di restoran ayam goreng biasa?
  • Ketersediaan : Restoran fastfood berdagang rata-rata 24 jam/hari non stop,bandingkan dengan restoran biasa,maksimal mereka buka 16 jam.
  • Harga : Untuk harga mentahnya,ayam kampung lebih mahal dibandingkan ayam broiler.
Catatan Penulis
     Saya tidak menjelek-jelekan makanan fastfood karena sampai sekarang saya mengkonsumsinya. Ayam kampung tidak akan sanggup memenuhi kebutuhan manusia akan kebutuhan daging ayam yang sedemikian tinggi. Siapa juga yang tidak menyukainya?
     Populasi ayam kampung itu sedikit,ayam kampung dalam perkembangannya dibiarkan mencari makan sendiri,berkeliaran dengan bebas,hingga tumbuh menjadi ayam dewasa,sedangkan di Indonesia lahan untuk mengembang biakan ayam semakin sedikit. Tidak ada istilah ayam "kampung" yang ada hanyalah ayam "kota". Karena di kampung jarang yang memelihara ayam.Di sisi ekonomi pun ayam kampung tidak akan menghasilkan keuntungan yang besar,bandingkan dengan ayam suntik,3-4 hari sudah bisa dipanen.
     Mama saya pemuja ayam kampung,ia tidak mau makan ayam broiler,bayangkan betapa susahnya ketika mengajak si mama makan di luar negeri. Memangnya di luar negeri ada ayam kampung?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar