Sabtu, 15 Maret 2014

Tips-tips Berhutang

     Pada tulisan kemarin saya menulis tentang bagaimana memberi hutang perseorangan,sekarang saya coba menulis bagaimana bagaimana berhutang yang baik.
  • Pastikan anda membayar tepat waktu. Banyak orang meremehkan akan hal ini dengan menunda pembayaran,walau sehari atau dua hari,hal tersebut membuat citra anda jelek. Dalam berhutang ucapan anda akan selalu menjadi acuan orang yang memberi anda pinjaman.
  • Pikirkan cara anda membayar ketika anda berhutang. Banyak orang memilih jalan singkat untuk memenuhi keinginannya melalui berhutang. Contoh Kartu Kredit. Jangan berkata pembayarannya kan masih bulan depan,maka dipikirkan bulan depan. Sebaiknya dipikir pada saat anda mulai mengesek kartu.
  • Sebisa mungkin pinjam uang tanpa bunga atau riba. Bunga,sedikit banyak menambah beban ketika anda membayar hutang anda. Kecuali anda berbisnis yang membutuhkan modal yang cukup besar maka hal tersebut tidak dapat dihindarkan.
  • Gali lubang tutup lubang sangat ditabukan. Hutang untuk menutup hutang yang lain. Biasanya hal tersebut membuat citra anda semakin buruk,karena berhutang selalu menjadi bahan pembicaraan bagi siapapun,tidak perduli teman atau saudara,maupun keluarga besar.
  • Sebisa mungkin jangan berhutang. Cukupkanlah apa yang ada di dalam dompet anda. Sadari kemampuan anda dalam melakukan segala sesuatu,karena sekarang dunia mengajak anda untuk menjadi semakin konsumtif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar