Senin, 03 Maret 2014

Review Buku :Merry Riana-Langkah Sejuta Suluh oleh Clara Ng


     Sudahkah anda membaca MSD(Mimpi Sejuta Dollar)? Maka ini adalah sekuel dari buku tersebut. Buku ini terbagi menjadi 46 bab,beserta prolog dan epilog dengan ketebalan buku 472 halaman. Sebuah novel yang memotivasi bagi jutaan rakyat Indonesia berdasarkan kisah nyata,The Women in Red-Merry Riana.
     Pada buku pertama MSD,cerita berfokus bagaimana ia menjalani kehidupan awal di Singapura hingga menjadi sukses, sedangkan pada sekuel buku ini lebih berfokus bagaimana ia mengupayakan untuk mencapai impian yang ia kejar. Kedua buku ini saling melengkapi. Jika pada buku pertama masih banyak lubang-lubang yang kosong,maka buku ini menambal secara keseluruhan buku MSD.
     Kisah dimulai dari bagaimana ia berkenalan dengan dunia marketing yang berkecimpung di bidang Financial Consultan. Dimulai dari sales biasa,menjadi manajer hingga mendirikan MRO (Merry Riana Organization). Bahkan tantangan-tantangan dalam setiap perjalanan kariernya diceritakan secara terperinci.
     Melalui buku ini,perjalanan Merry Riana dikupas habis,bagaimana ia melalui kehidupan di Singapura yang warganya terkenal dengan istilah Kiasu (tidak mau kalah). Bagaimana seorang wanita Indonesia mampu menembus hingga puncak tertinggi di negeri Singapura. Melalui pertempuran sengit dengan kompetitor. Trik dan intrik pun bermunculan,menunjukkan bahwa perjalanan menuju puncak itu terjal dan berliku,bukan jalan lurus bebas hambatan.Tidak seindah apa yang orang lihat.
     Impian,doa,serta perjuangan tak pernah lepas dari buku ini,ketiga unsur yang saling melengkapi, jika anda tidak mempunyai impian maka anda tidak akan mempunyai tujuan nyata dalam hidup. Tanpa doa berarti manusia hanya mengandalkan dirinya sendiri. Tanpa perjuangan maka impian tidak akan berarti apapun.
     Buku ini saya kategorikan sebagai buku untuk memotivasi semua orang yang membacanya, bagaimana kisah ini diceritakan begitu indahnya oleh Clara Ang,terasa seperti kisah di alam mimpi, Seorang dalam keadaan berkekurangan hingga menjadi bersinar. Buku ini pun bukan hanya membahas tentang Merry melainkan anggota timnya,bagaimana mereka membangun dan berjuang bersama menggapai mimpi,bukan hanya soal uang,tetapi bagaimana mereka menjadi keluarga di bawah naungan MRO. Di bagian akhir buku ini tampak wajah tim MRO yang dikisahkan di sepanjang buku ini,menunjukkan bahwa ini bukanlah sebuah fiksi melainkan kisah nyata.
     Banyak buku mengenai motivasi,tetapi yang dibuat dalam bentuk novel ringan jarang sekali,walau di dalamnya terdapat banyak sekali makna yang berbobot untuk direnungkan. Mengenai tujuan hidup,komitmen,dan berbagai macam hal yang dapat diintreprestasikan berbeda oleh pembacanya.
     Banyak orang akan mencemooh buku ini,karena di jika nalar bagaimana bisa bekerja selama 365 hari tanpa henti,12 jam sehari,bahkan bisa lebih. Hidup benar-benar berfokus pada pekerjaan yang mengorbankan kehidupan sosial,keluarga lainnya. Jawabannya akan sangat mudah. Jika ingin mendapatkan lebih maka upayakanlah lebih,jangan berharap menjadi biasa-biasa saja tetapi mengharapkan lebih. Jika kurang puas akan jawaban tersebut,anda akan menemukan jawabannya di buku ini.
     Tidak lupa akan peran Alva Tjenderasa,suami dari Merry Riana pun dibahas disini,sebagai seorang di balik layar,di mana spot lampu selalu mengarah ke Merry,tetapi dibelakangnya ada sang suami yang selalu kokoh berdiri untuk menopang dan bersandar. Bahkan ada bab khusus mengenai Alva sebagai suami,partner bisnis serta teman untuk bertukar pikiran.
     Jika anda menyukai novel dan juga menyukai kisah inspiratif,maka belilah buku ini,dengan uang sebesar Rp 88.000 buku ini sudah dapat anda peroleh.
     Sebagai penutup ini adalah kutipan dari pembatas buku dari buku Langkah Sejuta Suluh.
"Arahkan pandanganmu kepada Tuhan,dan Dia akan memberimu jalan."
Tidak semuanya sekaligus,tetapi selangkah demi selangkah.
Dan setiap langkah adalah mukjizat."

3 komentar:

  1. saya baca tulisan anda di kompasiana mengenai plagiarisme. kalau memang ada bukti bahwa tulisan anda ini dijiplak orang lalu dikirim ke koran daerah, tentu anda bisa berkirim surat ke redaksi koran daerah tsb. adakah hukuman bagi pelaku plagiarisme semacam itu (nyontek dari internet/blog)? tidak ada. tetapi di masa yg akan datang redaksi koran daerah bisa lebih selektif memuat karya ybs.

    BalasHapus
  2. Bagus bangaat, dan semoga anak anak indonesia terbakar semangat setelah membaca buku mbak merry

    BalasHapus