Kamis, 16 Januari 2014

Manfaat Yoga

     Sudah 3 minggu ini saya mengikuti kelas Yoga. Tujuan utama membenarkan postur tubuh. Keseharian di depan komputer membuat badan jarang bergerak hanya jari yang aktif.
     Manfaat yoga secara umum adalah melancarkan peredaran darah,menyeimbangkan fungsi otak,meningkatkan fleksibilitas tubuh,melancarkan pernafasan,mengecilkan perut dan yang terakhir mengurangi stress.
     Bagi saya,yoga adalah olahraga yang digunakan untuk mengobservasi tubuh,merasakan setiap hembusan nafas,dan menenangkan pikiran. Bukan hanya membakar kalori (kardio),tetapi juga memberikan kesehatan secara mental.
     Hal yang menyenangkan dari yoga adalah tidak dituntut bergerak terlalu banyak. Dibandingkan dengan aerobik,RPM,atau olahraga berat lain. Gerakan yoga dilakukan dilakukan secara perlahan, mengalir,tidak terburu-buru. Disaat dunia menuntut untuk selalu terburu-buru,bertindak cepat,urat nadi menegang,saya menemukan ruang jeda di saat melakukan yoga selama satu jam,dengan iringian instrumen.
     Gerakan yang nampaknya sederhana jika dilakukan secara perlahan memberikan dampak berbeda. Pada awal pelatihan pun saya menikmati,berbeda dengan olahraga lain yang menuntut untuk terburu-buru. Manfaat terakhir Tidur lebih pulas,bangun lebih segar.
     Saya membayangkan melakukan yoga di rumah tetapi kebisingan selalu ada,suara TV,bunyi telepon,anak merengek atau apapun itu. Jikalau ingin sunyi senyap tengah malam adalah waktu yang tepat. Maka saya pun mengurungkan niat.
     Ada yang bilang yoga itu meditasi,menyembah berhala dan lain-lain. Setiap orang punya pandangannya masing-masing,tapi jika saya memandangnya sebagai olahraga tidak ada masalah kan? Olahraga definisinya adalah "mengolah raga",bukan hanya mengolah tubuh secara fisik,melainkan jiwa karena raga adalah jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar