Jumat, 03 Januari 2014

Susahnya Mencari Kepiting di Pasar

Kepiting hidup siap olah



      Jengkel itu perasaan setiap kali membeli kepiting siap makan. Sebagai pemakan segala,favorit saya adalah kepiting. Untuk membeli satu porsi kepiting berada di kisaran 60 ribu-200 ribu rupiah di kaki lima. Apabila di restoran maka hitungannya per gram,tergantung bobot kepiting itu sendiri.
     Saya yang berkantong pas-pasan untuk membeli harus berpikir panjang. Salah satu solusi apabila ingin makan kepiting adalah mencari di pasar tradisonal. Mencari kepiting hidup dan diolah sendiri. Harga lebih murah daripada membeli di restoran atau kaki lima,walau soal rasa berbeda.Teknik yang saya gunakan hanyadirebus.Toh kepiting rebus pun tetap terasa nikmat.
     Anehnya setiap kali saya pergi ke pasar tradisional,kepiting hidup tidak ada.Suatu ketika saya bertanya kepada pemilik "Sari Laut Kapasan" bagaimana ia bisa mendapatkan stok kepiting begitu banyak? Ia berkata ia mempunyai suplier yang menyediakan barang dengan target 1 hari minimal 1 kuintal. Bayangkan,satu pedagang kaki lima menghabiskan 1 kuintal dalam sehari. Di Surabaya sendiri ada berapa banyak pedagang kaki lima yang berdagang kepiting?
     Ia lanjut bercerita,suplier sekarang kelimpungan dengan permintaan yang begitu banyak,belum lagi persaingan dengan perusahaan ekspor yang sekarang menggunakan sistem jemput bola,langsung mendatangi para nelayan untuk membeli langsung tanpa melalui pengepul,semakin ketatlah persaingan. Nelayan senang,perusahaan pun dapat harga lebih murah. Yang sakit hati ya pengepulnya.
     Suply yang tidak tercukupi membuat harga kepiting menjadi naik,persaingan antar pedagang demi menjaga stok barang dagangan pun semakin gencar. Bahkan di waktu tertentu,seperti Imlek (tahun baru menurut kalender China) harga kepiting akan melambung tinggi. Rumah makan akan berlomba menjajakan masakan istimewa berbahan dasar kepiting. Bagaimana agar mereka tetap mendapatkan stok? Mereka membeli lebih mahal dari harga pasaran. Daripada melewatkan sebuah momen yang mendatangkan keuntungan besar.
     Harapan saya untuk memakan kepiting rebus dengan harga murah tampaknya harus tertunda, tampaknya saya masih harus beli kepiting siap makan di tempat langganan saya. Sari laut Kapasan Surabaya yang harga per porsi kepiting (isi 2 buah) dimulai dari 100ribu hingga 240 ribu. Mengecek isi dompet sembari geleng-geleng kepala.

Kondisi Sari Laut Kapasan yang tidak pernah sepi pengunjung.Buka pukul 17:30 hingga 1 pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar