Sabtu, 04 Januari 2014

Selera Makan

     Baru saja selesai menonton acara "Pedas Gila" di televisi. Acara tersebut menayangkan aneka makanan dengan olahan cabai dalam porsi besar.
     Saya bukan pengemar makanan pedas. Ketika menyaksikan acara tersebut,membuat saya merinding apabila disuruh mencobanya.Disamping lambung yang tidak kuat menerima sensasi pedas yang berlebihan,apa nikmatnya makan makanan pedas?Makanan akan tertutup oleh sensasi pedas,hanya itu saja. Tidak ada rasa lain yang dirasakan lidah.
     Saya tidak membenci sambal,tetapi hanya makan secukupnya. Kebanyakan saya memakan makanan plain/netral.Untuk mengetahui kualitas dibalik sebuah masakan,bukankah rasa yang ditonjolkan?
     Ambillah contoh bakso,kuahnya benarkah berasal dari kaldu sapi asli atau dari bahan kimia? Jangan bilang kaldu sapi asli dengan kaldu berbahan kimia sama. Belum lagi MSG yang dituangkan.Ketika akan dimakan,banyak orang langsung menuangkan sambal,tomat,maupun kecap dengan segera. Entah karena itu memang kombinasi yang pas atau hanya ingin merasakan pedasnya.
     Banyak orang berkata masakan Eropa itu hambar dibandingkan masakan Asia yang beraneka ragam bumbu. Kedua-duanya saya menikmatinya. Bagaimana menikmati detail sebuah makanan,dibandingkan Chinese food enak,gurih,tapi apa yang dituangkan tidak ada yang tahu kecuali pedagangnya sendiri. Penggunaan MSG yang berlebihan,penyedap rasa,dan bahan-bahan yang saya sendiri tidak mengetahuinya.Solusi mudah untuk menikmati masakan sesuai selera ya memasak sendiri di rumah.
     Apa kategori makanan yang anda nikmati? Gurih,asin,manis,pedas ataukah yang penting murah dan mengenyangkan?
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar